Nama : Aidillah Suja Nim : 10812002426
Dosen : Drs. Zulkifli, M.Ed Kelas : PBA VI A
Tugas : Membuat RPP Mata
Kul : Micro Teaching
Satuan pendidikan
|
MTS
|
Mata Pelajaran
|
Bahasa Arab
|
Kelas / Semester
|
I MTS / Semester
II
|
Standar Kompetensi
|
Membaca: siswa
mampu membaca dan memahami materi dengan baik dan benar.
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Siswa mampu
membaca wacana tentang “ الأشكال ” dengan
baik dan benar.
2.
Siswa mampu
memahami wacana tentang “الأشكال “
dengan baik dan benar.
|
Indikator
|
1.
Siswa mampu melafalkan kosa-kata tentang “الأشكال “ dengan baik.
2.
Siswa dapat memahami kosa-kata tentang “الأشكال “ dengan baik.
3.
Siswa mampu membuat kalimat dari kosa-kata yang ada dalam wacana
tentang “الأشكال “.
|
Alokasi Waktu
|
2 X 40 Menit
|
1.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menemukan informasi dan merespon gagasan yang terdapat pada wacana
tulisan atau teks sederhana.
2.
Materi Pembelajaran
-
الأشكال
-
Kosa-kata tentang “الأشكال ” beserta maknanya.
1. مربّع: Persegi 10. لك: Kamu Punya
2. مستطيل: Persegi
Panjang 11.
منشفة: Handuk Mandi
3. مستدير: Bundar 12.
الخزانة: Lemari
4. مثلّث: Segi Tiga
5. أسطواني: Tabung 13.
قارورة: Botol
6. لي: Saya Punya 14.
حبر: Tinta
7.
منديل: Sapu Tangan 15.
أحمر: Merah
8. شكل: Bentuk 16.
غطاء: Tutup Botol
9. كشاف: Pramuka
-
Teks tentang “الأشكال ”
isim ismiyah.
الأشكال
لي
منديل شكله مربّع. و للكشاف منديل مثلّث، لك منشفة مستطيل. ليس منشفة مربّعا بل
مستطيلا. فى الخزانة قارورة أسطوانية الشكل، فيها حبر أمر، غطاؤها مستدير.
Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Qiro’ah
c.
Mubasyarah
d.
Elektik
3.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a.
Kegiatan awal
-
Appersepsi tentang “الأشكال “,
meliputi: Tanya jawab, cerita, bermain kosa-kata, Dll.
-
Bertanya tentang apa saja yang ada di dalam kelas dengan bahasa arab
sederhana.
b.
Kegiatan inti
-
Siswa memahami kosa-kata yang ditulis guru di papan tulis.
-
Drill pelafalan kosa-kata.
-
Siswa mendengarkan wacana yang dibacakan oleh guru.
-
Siswa membaca wacana secara bergantian.
-
Siswa mendiskusikan isi materi yang telah dibaca dengan cara menanyakan
kosa-kata atau kalimat yang belum dipahami.
-
Siswa membuat kalimat sendiri dari kosa-kata yang sudah diberikan.
c.
Kegiatan akhir
1.
Siswa dan guru melakukan refleksi,antara lain:
-
Melakukan refleksi terhadap metode pembelajaran, apakah disenangi siswa,
Dll.
-
Refleksi keberhasilan, kesulitan dan kendala siswa dalam memahami
materi.
4.
Sumber Belajar
-
Buku paket, kosa-kata tentang materi, guru (sebagai nara sumber),
benda-benda yang ada di dalam kelas.
5.
Penilaian Membaca
1.
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
|||
|
|
Kemampuan
membaca wacana
|
Kejelasan
menangkap informasi
|
Respon
dalam menjawab pertanyaan
|
Kemampuan
memahami dan membuat Jumlah
|
1
|
Maulana
Ihsan
|
4
|
3
|
2
|
3
|
Hasil:
Skor yang diperoleh X 100 : …
Skor keberhasilan
|
Contoh:
12 X 100 : …
16
|
Catatan: Skor 4 (baik
sekali), 3 (baik), 2 (kurang), 1 (kurang sekali)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar